WASPADA NARKOLEMA ADA DI SEKITAR KITA

Anggota Himpaudi Kec.Jatisrono

Hari Rabu tanggal 4 April 2018 tepat pukul 10.30 WIB, Himpaudi Kecamatan Jatisrono mengadakan pertemuan rutin. Kali ini di bulan April bertempat di KB Siwi Sejati Jatinom Rt 08 Rw 02 Jatisrono. Pertemuan diawali dengan menyayi Mars Himpaudi dilanjutkan Do’a.
Pada pertemuan Himpaudi kali ini, Pengurus Daerah Himpaudi Kab.Wonogiri sekaligus Pengelola KB Siwi Sejati, Vivin Aryanti,SP,S.Pd selain mengundang Penilik Paud, turut mengundang Kanit Binmas Polres Wonogiri yang ditugaskan di Polsek Jatisrono.

Sosialisasi Bahaya Narkolema oleh Kanit Binmas

Dalam sambutannya beliau Bapak Marman, selaku Kanit Binmas menyampaikan tentang Bahaya dan Pencegahan Narkolema. Apa itu Narkolema, Narkolema adalah “Narkoba Lewat Mata”. Dari beberapa pengertian yang ada mengarah pada suatu pengertian yaitu Suatu materi yang menyebabkan penderitanya memiliki kelainan/gangguan berupa kecanduan terhadap obyek yang medianya berupa visual(gambar/tulisan) sehingga mampu memberi pengaruh buruk terhadap tubuh kita dan bahkan efeknya lebih parah dari yang kecanduan Narkoba.

Bukti nyata Dampak Narkolema dari Media Masa

Di negara kita sendiri, Indonesia objek dari Narkolema sendiri dipersempit yaitu konten-konten yang berupa pornografi saja yang dimasukkan ke dalam materi Narkolema, sebab konten tersebutlah yang paling banyak menimbulkan perilaku kecanduan “lewat mata”.
Dampak dari Narkolema tersebut dalam jangka waktu lama dapat merusak otak bagian depan, anak menjadi tempramen, gampang marah dan sering marah-marah tanpa sebab.selain itu anak menjadi malas untuk belajar.
Perlu diwaspadai bersama adalah ketika anak didik kita, Anak Usia Dini sudah mengenal Hp Android bahkan sudah mulai acuh dengan lingkungan ketika main game di Hp. Belum saatnya anak usia dini mengenal gadget yang akan bepengaruh besar tentang Karekter anak. Karena fasilitas yang kita berikan pada masa yang belum seharusnya itu akan menjauhkan dari kepatuhannya terhadap Orang Tua.
Anak Usia Dini yang seharusnya mempunyai waktu untuk keluarga tercinta dan teman sebaya, sekarang ini lebih disibukkan dengan mainan/game di Hp. Inilah fenomena yang sudah nampak disekeliling kita. Bagaiman mengatasi hal tersebut, yaitu : Stop memberikan Hp android pada anak, berikan kasih sayang kepada anak kita, dengan meluangkan waktu untuk mengajak bermain. Satu hal lagi yang paling utama adalah dengan pemberian dasar akhlak atau religi yang baik sesuai Keyakinannya.
Pesan Bapak Kanit terhadap Pendidk Paud untuk selalu mengawasi putra puteri disekolah dan di rumah. Sehingga perlu kerja sama dan keberlanjutan dengan oraang tua/wali dalam mengembangkan Karakter Anak Usia Dini.

Pengurus Cabang Himpaudi beserta Kanit Binmas