RAKERDA IV HIMPAUDI KABUPATEN WONOGIRI

Kebersamaan adalah Kekuatan Kita.

Rabu, 21 Maret 2018 Pengurus Daerah HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri menggelar Rapat Kerja Daerah IV Tahun 2018 bertempat di Aula RM Alami Sayang Lantai II Ngadirojo Wonogiri. Acara ini merupakan agenda tahunan organisasi yang selalu dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Hadir dalam acara tersebut pejabat jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri antara lain, Drs. Siswanto,M. Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, DR. Sri Mulyati, M. Pd, Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan perwakilan dari Kepala Seksi PTK PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri yang diwakili oleh Banu Darussalam, S.Pd. Dalam sambutannya Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyampaikan motivasi kepada para peserta Rakerda yaitu tentang bagaimana pentingnya pola pengasuhan yang tepat untuk anak usia dini, karena mendidik anak usia dini ibarat mengukir diatas batu yang akan sulit terhapus
Acara yang diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari 25 orang pengurus PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri dan 75 orang perwakilan dari 25 PC HIMPAUDI Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri merupakan acara yang amat penting dan menjadi pemompa semangat terutama bagi para pengurus cabang yang jarang bertemu dalam jumlah yang cukup banyak ditingkat kabupaten. Pertemuan ini selain membahas agenda pokok yaitu evaluasi program kerja PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri tahun 2017 dan menyusun rencana kerja HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri untuk tahun 2018 juga diadakan sosialisasi SOP HIMPAUDI yang baru saja disahkan dalam Rapat Kerja Wilayah HIMPAUDI Jawa Tengah pada akhir Februari lalu.
Dalam pemberian sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Drs.Siswanto, M.Pd menyampaikan beberapa hal yang penting untuk dilaksanakan dan dijadikan sebagai pedoman bagi para Pendidik PAUD. Pendidik PAUD diharapkan terus melakukan pengembangan diri dengan berbagai Pelatihan Pendidik. Pendidikan itu untuk menghidupkan semangat anak didiknya, Pendidikan itu bisa membangkitkan rasa percaya diri karena Pendidikan adalah yang memberikan penghargaan dan pengembangan. BUKAN yang menghakimi apalagi menghukum anak didik secara fisik.

Pembukaan dan Sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Para pendidik PAUD untuk saling berlomba melakukan hal yang lebih baik dari kemarin dan memperkuat untuk kita semakin mantap sebagai Garda paling depan dalam Pendidikan di Usia Dini
Ada hal yang menarik disetiap acara HIMPAUDI tingkat kabupaten Wonogiri, tidak terkecuali dalam acara Rakerda IV HIMPAUDI tahun ini, yaitu setiap PC HIMPAUDI membawa makanan lokal kecamatan masing – masing untuk dijadikan menu coffe break pada pertengahan acara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kebersamaan dan pelestarian kearifan lokal masing – masing dalam upaya pemanfaatan pangan lokal yang ada di Kabupaten Wonogiri. Acara Riung Kuliner Makanan Lokal yang digelar ditengah acara Rakerda tersebut sangat asyik dirasakan oleh seluruh peserta Rakerda, tidak terkecuali para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.
Pada season pertama Ketua PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri menyampaikan capaian program kerja PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri tahun 2017 kemudian dilanjutkan tanggapan dari peserta Rakerda. Kemudian pada sesi kedua seluruh Ketua Bidang menyampaikan Rencana Program Kerja PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri Tahun 2018. Ada program unggulan dari masing – masing bidang yang diharapkan dari program unggulan tersebut bisa membawa HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri lebih profesiaonal dan mandiri . Program yang diangkat dari masing – masing bidang antara lain, Bidang Organisasi memiliki dua program unggulan yaitu, Pembangunan Rumah Perjuangan PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri dan Workshop Pengelolaan NUPTK, Bidang Litbang program unggulannya adalah Pelatihan Pengelola PAUD, Bidang Humas merencanakan program unggulan Pembuatan Tabloid Parenting yang akan didistribusikan keseluruh wali murid PAUD se- kabupaten Wonogiri dan Bidang Kesra / Kesosek mempunyai dua program unggulan yaitu, pengadaan batik khas daerah sebagai upaya pelestarian batik wonogiren dan Pelatihan Life skill untuk para anggota dengan harapan bisa membantu para anggota untuk mendapatkan tambahan penghasilan harian mereka.
Pada acara ini pula disampaikan apresiasi atau pemberian penghargaan terhadap lima PC HIMPAUDI Kecamatan terbaik dalam kategori tertentu dari PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri antara lain,

Apresiasi untuk yang berprestasi.

Penghargaan terbaik dalam kategori Capaian Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik PAUD yaitu PC HIMPAUDI Kecamatan Puhpelem dengan capaian 91 % dari total pendidik yang ada. Penghargaan dengan kategori Pembelian Tertinggi Kalender HIMPAUDI diraih oleh PC HIMPAUDI Kecamatan Purwantoro dengan prosentase 94 % dari jumlah pendidik. Penghargaan dalam kategori Pendataan Online anggota HIMPAUDI dihari pertama diraih oleh PC HIMPAUDI Kecamatan Giritontro dengan prosentase 78,8%. Apresiasi berikutnya dalam kategori Pembayaran Iuran Anggota paling tertib diraih oleh PC HIMPAUDI Kecamatan Wuryantoro. Sedangkan peraih penghargaan kategori Pendataan Rutin Organisasi juga diraih oleh PC HIMPAUDI Kecamatan Wuryantoro. Penyerahan piagam penghargaan disampikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kabupaten Wonogiri. Dengan adanya pengargaan tersebut diharapkan bisa memacu motivasi para pengurus cabang dalam memajukan organisasi HIMPAUDI ditingkat kecamatan. Acara Rapat Kerja Daerah IV ditutup pada pukul 15.00 WIB oleh Wakil Ketua PD HIMPAUDI Kabupaten Wonogiri Ibnu Aufin, S. Pd. Sampai jumpa pada acara Musyawarah Daerah IV di tahun 2019. HIMPAUDI Wonogiri Hebatt, Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Yesss…..!!